Hoax Kini Sedekat Nadi

0
100
ilustrasi hoax oleh orbbi gandamana
Ilustrasi Hoax oleh Robbi Gandamana

Apa yang dekat dengan generasi milenial kini? Tentu jawabanannya adalah media sosial. Lalu apa yang dekat dengan media sosial selain kabar-kabar terkini? Jawabannya adalah Hoax.

Hoax adalah berita bohong yang disebarluaskan melalui berbagai media. Hoax sendiri sudah terkenal di beberapa negara yang mengadakan perayaan April Mop, yaitu perayaan yang dilakukan dengan membohongi orang lain lewat berita palsu dengan tujuan sebagai bahan lelucon semata. Namun, hoax yang terjadi kini rupanya tidak hanya bertujuan untuk bahan lelucon saja, melainkan dapat digunakan sebagai lahan untuk merugikan orang lain.

Hoax sendiri sudah terkenal di beberapa negara yang mengadakan perayaan April Mop, yaitu perayaan yang dilakukan dengan membohongi orang lain lewat berita palsu dengan tujuan sebagai bahan lelucon semata.

Sebut saja kasus “HOAX TERBAIK” oleh Ratna Sarumpaet pada awal Oktober yang akhirnya mendapatkan sorotan dari banyak pihak. Awalnya pemberitaan dimulai dari kabar pengeroyokan yang dilakukan oleh orang-orang misterius kepada Ratna Sarumpaet, Ratna pun dilaporkan mederita luka lebam di wajahnya, dan tidak berhenti sampai disana publik kembali dihebohkan jika semua itu hanyalah Hoax.

Hoax Ratna hanyalah segelintir dari hoax-hoax yang bertebaran di media sosial. Tentunya media sosial menjadi wadah yang sangat berpengaruh dalam penyebaran Hoax, kemudahan terhadap akses, berikut pengguna media sosial yang kian menjamur dan tak kenal umur, mempermulus penyebaran Hoax.

Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai generasi yang paling dekat dengan sosial media? Tentunya kita harus mem-filter seluruh informasi yang masuk, mengenali sumber berita terpercaya¬† dan tidak asal “caplok” dari media-media yang tidak jelas. Dan, yang pastinya kita harus gunakan adalah akal pikiran sebelum mepercayai suatu informasi.

Kita lah generasi penerus bangsa, ditangan kita Indonesia berjaya. Stop hoax!

 

Ilustrasi oleh Robbi Gandamana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here