Hari Pertama Aturan Busana Adat, Mahasiswa: Ini Cara Melestarikan Budaya

0
1147

Denpasar – Mulai hari ini (11/18) Kampus STIKI Indonesia menerapkan aturan penggunaan pakaian adat Bali sesuai dengan Instruksi Gubernur Bali Nomor 2331 tahun 2018.

Mahasiswa menyambut positif penerapan aturan ini dengan berbagai alasan masing-masing. Seperti disampaikan Yoga, mahasiswa STIKI Indonesia yang juga merupakan Teruna STIKI Indonesia tahun 2016, mengungkapkan  “Ini bisa melestarikan budaya (Bali), tapi harus dipikirin juga karena sebagian mahasiswa STIKI berasal dari luar Bali”. Yang dikatakannya Yoga tentunya beralasan dikarenakan mahasiswa STIKI memang benar adanya sebagian berasal dari luar Pulau Bali. Masih diperlukannya adaptasi agar semua mahasiswa bisa mengikutinya. Ketika ditanya pendapatnya tentang peraturan ini, Yoga sangat mengapresiasi. “Setuju sekali, karena ini salah satu cara melestarikan budaya, khususnya budaya Bali.”

Mahasiswa sebagian telah kuliah dengan menggunakan busana adat

 

Dosen STIKI Indonesia mengajar menggunakan busana adat Bali

Mahasiswa lainnya yang kami temui memiliki pandangan berbeda. Terkait peraturan berbusana adat, mahasiswa berinisial PKY ini berpendapat “Kalo saya kurang setuju ya, dikarenakan bila kita berpakaian adat seperti itu agak kurang nyaman dan sedikit mengganggu aktivitas di kampus. Tapi kalau pemakaianya setiap Tilem dan Purnama saya masih bisa menerimanya.” Ketika ditanya kedepannya apa akan mengenakan busana adat setiap hari Kamis, ia cenderung memilih untuk mengikuti aturan yang ada. “Kalau untuk hari Kamis, kemungkinan tidak. Tapi yang namanya aturan mau tidak mau juga harus dipatuhi. Toh aturan ini juga surat edaran dari Gubernur, kalau tidak patuh nanti kena pasal hahaha” tuturnya.

Masih banyak mahasiswa yang masih belum menerapkan aturan berbusana adat

Berdasarkan pengamatan tim Redaksi Stikizen di lapangan, penerapan aturan berbusana adat sesuai dengan Instruksi Gubernur Bali no 2331 tahun 2018 di STIKI Indonesia memang belum berjalan sempurna. Masih terlihat mahasiswa yang masih mengenakan pakaian sehari-hari berkuliah yaitu kemeja, celana panjang dan sepatu. Namun, sudah banyak juga yang menerapkannya seperti seluruh staff dan pengajar di STIKI Indonesia yang kompak mengikuti aturan tersebut. (kay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here