Praktis! Mahasiswa Ini Padukan Seluruh Web STIKI dalam Satu Aplikasi

0
1087

Denpasar — Mahasiswa STIKI Indonesia bernama I Putu Deta Utama Putra merilis sebuah aplikasi yang diberi nama SIAP (Stiki App) v1.1.1 pada 16 Oktober 2018. SIAP merupakan aplikasi yang mampu menampung seluruh laman web STIKI Indonesia dengan basis Progressive Web App. SIAP juga memiliki fitur chat yang dapat menjadi media sharing antar mahasiswa.

Ketika diwawancara terkait SIAP, Putu Deta mengungkapkan “Sebenarnya ide membuat aplikasi ini berawal dari sebuah masalah yang timbul di kalangan mahasiswa, yakni kesulitan menghafal semua url milik kampus. Lalu timbulah ide untuk membuat sebuah aplikasi yang menampung semua website stiki yang mana akan memudahkan mahasiswa untuk mengaksesnya tanpa perlu searching di google.”

Mahasiswa asal Gianyar yang menggeluti jurusan TI-MDI ini membuat aplikasi SIAP menggunakan Framework vue.js dengan databasenya yaitu firebase, dengan menerapkan ilmu-ilmu pemrograman dalam proses pembuatannya. Aplikasi SIAP dapat diinstall seperti aplikasi native Android dan iOS, namun beberapa website stiki dibuka di luar STIKI APP dikarenakan belum menggunakan SSL (https). Tersedia untuk Android 4.0 keatas dan iOS 11 keatas.

Mahasiswa semester 7 ini menyatakan bahwa aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi dan tidak mengetahui kapan akan diresmikan sebab aplikasi ini dirancang sebagai aplikasi terbuka bagi seluruh mahasiswa STIKI agar dapat digunakan bersama tanpa memerlukan akun untuk log in.

Pada awalnya aplikasi SIAP dibuat masih berupa prototype versi 0, saat itu respons seluruh mahasiswa STIKI masih kurang karena fiturnya masih sedikit. Setelah dikembangkan menjadi prototype versi 1 (versi saat ini), SIAP berhasil mendapat banyak respons positif dari seluruh mahasiswa STIKI.

Putu Deta menyampaikan bahwa ia sangat membutuhkan partisipasi dari mahasiswa STIKI untuk bersama-sama mengembangkan aplikasi ini agar ke depannya dapat memberi banyak manfaat bagi seluruh mahasiswa. Ia mempunyai rencana untuk pengembangan aplikasi ini ke depannya yaitu dengan membuat sebuah olshop serta portal informasi seputar lapangan pekerjaan sehingga dapat memudahkan mahasiwa untuk berbisnis dan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Jadi, ia menghimbau bagi mahasiswa STIKI yang berminat belajar bersama untuk mengembangkan aplikasi SIAP sekaligus agar dapat diwariskan sehingga tetap ada yang mengelola ketika kelak ia sudah wisuda, maka dapat langsung menghubunginya via sosial media. (Kerla)

Aplikasi SIAP dapat diakses melalui link berikut ini: https://mh-pos.firebaseapp.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here