Gotong Royong saat UTS, Berani Coba?

2
373

Kita semua pasti tahu dong apa itu UTS? Ya, benar sekali. UTS adalah Ujian Tengah Semester yang biasanya diadakan tiap pertengahan semester. UTS, di kampus tercinta kita ini akan segera dilaksanakan pada 5 November 2018. Apa kalian sudah siap dengan ujian yang tinggal mengitung hari ini? Siap ga siap ya harus tetap di hadapi dong, jadi untuk membuat kamu menjadi makin siap dan bersemangat untuk menghadapinya, penulis akan memberikan kamu beberapa tips & triknya.

  1. Niat

Niat adalah kunci yang menentukan kesuksesan kamu pada saat menempuh UTS, apabila dari awal sudah tidak ada niat untuk belajar, gimana mau dapat nilai yang bagus?

  1. Atur Waktu

Untuk kamu yang kuliah sambil bekerja, mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengatur waktu belajar dan bekerja. Manfaatkan waktu luang saat bekerja dengan me-riew kembali materi yang sudah dipelajari, agar waktu yang kamu gunakan efektif sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan optimal. Kurangi  dulu deh stalking-stalking dan cek insta storiesnya si doi, fokuslah menempuh UTS. Kamu tentu berharap memperoleh nilai yang bagus bukan?

  1. Jangan menghapal tapi ‘pahami’

Perlu kamu ketahui, sistem belajar dengan menghapal kata perkata bukanlah hal yang efektif. Bayangkan saja ketika sudah menghapal susah payah, tapi ketika satu kata terlupakan, maka semua materi tersebut akan hilang dari daya ingatmu.

Nah…. ini adalah kelemahan dari teknik menghapal, kita harus pahami materi yang akan diujikan, ada berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan membuat mind map.Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah mind map bukan? Secara singkat mind map adalah peta pikiran, jadi kamu dapat dapat menggambarkan pokok-pokok materi yang akan diujikan sesuai dengan kreatifitasmu. Mind Map ini sangat mempermudah kamu untuk memahami materi-materi pelajaran lo, patut di coba deh pokoknya.

  1. Belajar Bareng

Sistem gotong royong ini efektif lohh untuk membantu kamu memahami materi yang belum kamu mengerti. Kamu dapat belajar bareng dengan teman-temanmu, selain akan mempermudah mu untuk memahami materi yang masih kurang, belajar dengan metode ini terbilang mengasyikan dari pada berkutat sendiri dengan materi yang tidak dimengerti. Dengan catatan belajar dengan serius ya, jangan malah asik ngobrolin hal-hal yang tidak penting.

  1. Perbanyak bertanya

Selama proses belajar mengajar, belum tentu semua materi yang diajar oleh dosen dapat kamu mengerti, oleh karena itu rajin-rajinlah bertanya jika belum memahami materi tersebut,  agar mempermudahmu untuk menjawab soal UTS.

  1. Jaga Kondisi kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu penunjang kesuksesan dalam menghadapi UTS. Meskipun kamu sudah mempersiapkan materi dengan sangat baik, tetapi apabila kondisi tubuh tidak mendukung, maka dalam pengerjaan soal-soal akan terganggu. Jadi jagalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin serta tidur secara teratur.

  1. Ingat selalu berdoa

Apapun yang kamu lakukan harus dimulai dengan berdoa agar semua persiapan UTS diperlancar.

  1. Perhatikan situasi ujian

Lihatlah kondisi sekitarmu saat UTS, jika memungkinkan untuk melakukan “gotong royong” yang sebenarnya, bergerak cepatlah!

Tapi ingat lohh ada dampak buruk  yang akan menanti kamu.

Ya… resiko-resiko seperti ketahuan bekerja sama dan mencontek dalam UTS akan SANGAT MEMENGARUHI nilai UTS mu. Kemungkinan untuk dikeluarkan pada saat UTS pun tidak  dapat kamu hindari, jadi masih mau coba-coba gotong royong saat UTS berlangsung?

Jadi itu adalah beberapa tips & trick dalam menghadapi UTS, semoga UTS kita semua dilancarkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan kita ya, semoga sukses! (S.R.Y)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here