Lagi! STIKI Modernisasi Banjar, Kali Ini Menggunakan e-Voting

0
189

Stikizen.id, Gianyar — Tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa STIKI Indonesia melaksanakan program pengabdian masyarakat di Dusun/Banjar Puri Chandra Asri Desa Batu Bulan, Gianyar (11/11), dengan membantu proses pemilihan Ketua STT (Sekaa Teruna-teruni) Chandra Murti menggunakan sistem e-Voting. Sebelumnya STIKI Indonesia juga sukses melaksanakan pengabdian masyarakat di banjar tersebut dengan peluncuran proyek fenomenal yaitu Kulkul Otomatis.

Kepala Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kreativitas (LPIK) STIKI Indonesia I Dewa Adi Baskara Joni, M.Kom yang juga merupakan bagian dari tim pengabdian masyarakat tersebut menuturkan “Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan karena banjar Puri Chandra Asri ini sudah menjadi banjar binaan dari STIKI Indonesia setelah sebelumnya ada penandatanganan MoU  antara Ketua STIKI dengan Kepala Dusun.” Dewa Adi menambahkan proyek sebelumnya yaitu Kulkul Otomatis juga merupakan bagian dari MoU tersebut dan telah sukses diluncurkan dan diaplikasikan dalam rangka HUT STIKI Indonesia sebelumnya.

Terkait sistem e-Voting yang kali ini diaplikasikan, Dewa Adi menjelaskan “Kita mengembangkan sebuah sistem dimana dalam melakukan pemilihan itu tidak perlu menggunakan proses manual keseluruhan. Artinya, tidak diperlukan lagi form-form yang dicetak, selanjutnya dicoblos, kemudian selanjutnya direkapitulasi lagi. Itu kan dari sisi waktu dan biaya sangat tidak efisien.” Dewa Adi juga menambahkan dalam mengembangkan sistem tersebut dirinya turut mengajak Bapak Dewa Yudhi yang juga merupakan dosen dan dua orang mahasiswa yaitu Deta dan Alan.

Anggota Dewan Pemilihan Ketua STT Chandra Murti periode 2019-2022 bernama Gung Adi menjelaskan latar belakang mengapa sistem e-Voting dipergunakan dalam pemilihan ini. “Kita dari STT Chandra Murti dari tahun ke tahun berusaha mengkolaborasikan antara budaya dan teknologi. Jadi dalam kehidupan ini menurut saya bukan hanya budaya saja yang penting untuk dilestarikan, tapi juga sama pentingnya mengetahui teknologi-teknologi apa yang ada dan bisa dikembangkan saat ini.” Gung Adi mengatakan tidak dapat dipungkiri bahwa dalam upaya bersama mengembangkan teknologi tersebut terdapat pro dan kontra di masyarakat, terutama di Desa Batubulan. Gung Adi memiliki harapan bahwa masyarakat paham tentang tujuan dari penerapan teknologi tersebut tidak untuk menggantikan budaya yang sudah dari dulu ada, namun lebih ke memodernisasi budaya agar tidak ketinggalan jaman.

Gung Adi selaku Anggota Dewan Pemilihan Ketua STT Chandra Murti menunjukan prosedur menggunakan e-Voting

Kepala Dusun Puri Candra Asri Bapak Aswin memberikan apresiasi tinggi kepada STIKI Indonesia terkait pengabdian masyarakat yang dilaksanakan. Beliau berharap penggunaan e-Voting akan menginspirasi banyak kalangan agar semakin melek terhadap teknologi. “Model sistem yang diaplikasikan sungguh sangat sederhana dan tidak begitu ribet sehingga banyak pihak dapat ikut serta mengaplikasikannya” kata Pak Aswin. Selain membagikan harapannya, Pak Aswin juga menyumbangkan ide dan saran kepada sistem e-Voting pada pengembangan selanjutnya. “Mungkin bisa diaplikasikan penggunaan touch screen pada sistemnya sehingga warga yang jarang berinteraksi dengan papan ketik dan mouse tidak kesulitan menggunakan sistem e-Voting” usul Pak Aswin. (DEP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here