Lewat Literasi Media, KPID Bali Ajak STIKI Laporkan Siaran Menyimpang

0
290

STIKIZEN.id, Denpasar – STIKI Indonesia menjadi tuan rumah acara Literasi Media yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali bertempat di Aula kampus STIKI Indonesia pada Jumat, 16 November 2018.

Acara Literasi Media tersebut dihadiri oleh tiga orang pembicara yaitu dua anggota KPID Bali A.A Gede Rai Sahadewa, S.H., M.H. dan Ni Wayan Yudiartini, S.E., serta seorang dosen di Universitas Udayana Dr. Ni Made Rai Amanda Gelgel, S.Sos. Moderator dalam acara tersebut adalah dosen STIKI Indonesia I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom. Kegiatan turut diramaikan oleh peserta yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari STIKI Indonesia dan perguruan-perguruan tinggi lainnya.

Adapun hal yang dibahas pada kegiatan Literasi Media tersebut adalah mengenai kewenangan dan fungsi KPI untuk mewujudkan siaran yang sehat dan berkualitas. KPI berfungsi sebagai wadah aspirasi masyarakat serta menjaga kepentingan-kepentingan masyarakat dalam bidang penyiaran. KPI berkewenangan untuk memberikan sanksi terhadap penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam penyiaran di Indonesia. A. A. Gede Rai Sahadewa, S.H., M.H. juga mengajak mahasiswa-mahasiswi yang hadir untuk turut serta mengawasi penyiaran di Indonesia. “Kita ingin melibatkan mahasiswa agar tidak hanya aktif namun juga proaktif dalam mengkritisi siaran (agar menjadi) sehat dan berkualitas” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut dipaparkan juga mengenai Pedoman Perilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran (P3SPS) yaitu pedoman dan standar bagi kegiatan penyelenggaraan penyiaran baik TV maupun radio di Indonesia. Apabila ditemukan siaran yang menyimpang dari P3SPS, mahasiswa-mahasiswi diharapkan proaktif memberikan respon dengan melaporkan siaran tersebut kepada KPI melalui website KPI yaitu www.kpi.go.id pada bagian Pojok Aduan. (SOR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here