Kembangkan Jejaring, INBIS STIKI Indonesia Ikuti Forum Nasional Inkubator Bisnis Teknologi

0
162
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir membuka kegiatan Forum Nasional Inkubator Bisnis Teknologi di Jakarta

Stikizen.id, Denpasar — Perwakilan Inkubator Bisnis (INBIS) STIKI Indonesia menghadiri  Forum Nasional Inkubator Bisnis Teknologi yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) di Jakarta, 4 – 5 Desember 2018.

Menteri Riset Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, Ph.D turut hadir serta membuka kegiatan dengan tema “Menuju Inovasi Industri 4.0” tersebut. Dalam sambutannya, Mohamad Nasir menyampaikan bahwa pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk dapat melampaui hasil penelitian menjadi produk inovasi yang dapat dipasarkan kepada masyarakat. Beliau menambahkan, salah satu caranya adalah memastikan perguruan tinggi memiliki inkubator bisnis teknologi (IBT) yang produktif sehingga dapat melahirkan wirausaha atau perusahaan pemula (start-up) berbasis teknologi. “Start-up menjadi sangat penting, bagaimana mempertemukan antara academicians, business, maupun government (triple helix) untuk berkolaborasi. Ini yang harus kita perhatikan,” ujar mantan rektor Universitas Diponogoro tersebut.

Selanjutnya, Mohamad Nasir berharap di masa mendatang perguruan tinggi dengan akreditasi A dan B harus memiliki inkubasi bagi dosen dan mahasiswa yang memiliki hasil penelitian sehingga dapat menjadi inovasi dan dapat dipasarkan langsung ke masyarakat. “Semua perguruan tinggi ke depan harus punya inkubasi, harus punya teaching factory dalam rangka mengembangkan inovasi di Indonesia, khususnya inovasi yang dihasilkan perguruan tinggi,” tegasnya dihadapan sekitar 200 pengelola IBT yang datang dari segala penjuru Indonesia.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Kemenristek Dikti menghadirkan beberapa narasumber diantaranya: Reto Sumekar (Direktur PPBT Kemenristekdikti), Lukito Hasta Pratopo (Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristekdikti), I Wayan Dipta (Ketua Dewan LLP-KUMKM), Dr, Hoang Anh Tuan (Vice Director, Center form Bisiness Incubation of Agricultural High Technology HCM City, Vietnam), Dr. Kihoko Tokue (Managing Director, Leave a Nest Singapore Pte. Ltd), Max Weber, MBA Fin. MKtg (Head ASEAN and Program Manager Asean Enterpreneurship Training Program (AETP)), Dato’ Norhamil bin Yanus (CEO Malaysia Technogy Development Corporation, Malaysia), Muhammad Imran (Founder of Data Diven Asia), Meidya Fitranto (CEO NODEFLUX), Sebastian Wijaya (CEO Seroyamart.com), Bayu Dwi Apri Nugroho (Co-Founder (Vice CEO) PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB)), Sapto Adi Junarso (Executive Vice President PT BEI), Teezar Firmansyah (Partner, Kalibra Capital), David Soukhsing (Managing Director ANGIN), Dr. Ir. Andi Buchari, MM (CEO-Halal Ventures Indonesia), Arya N Soemali (Director of IT Service Lintasarta).

Totok Suryawan (tengah) bersama Prof Adi dan Bapak Yani dari Kemenristekdikti
Perwakilan INBIS STIKI Indonesia Totok Suryawan (dua dari kiri) dan Agus Eka (kanan) yang hadir pada kegiatan bersama Ketua Dewan LLP-KUMKM I Wayan Dipta (dua dari kanan)

Dari seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Provinsi Bali diantaranya adalah Inkubator Bisnis STIKI Indonesia, Inkubator UNUD, Inkubator STMIK Primakara, Inkubator UNHI, dan Inkubator Swastika Bali. Totok Suryawan yang merupakan Kepala INBIS STIKI Indonesia seusai hadir di kegiatan tersebut menjelaskan program terdekat INBIS STIKI Indonesia yaitu mendampingi tenant untuk memenangkan hibah Kemenristekdikti  dalam program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 dan 14 Desember di Jakarta. Selanjutnya, pada tanggal 15 Desember 2018 INBIS STIKI Indonesia akan mengadakan acara Demo Day. Totok berpesan, untuk para pembaca yang ingin melihat langsung startup-startup keren Bali Pitching dapat mendaftar melalui bitly/reg-demodaystiki.(DEP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here