Virtual Wikithon, Cara Melestarikan Bahasa Bali Lewat Kompetisi Online

0
91
Peserta dan penyelenggara Virtual Wikithon berfoto bersama seusai kegiatan

Stikizen.id, Denpasar — STMIK STIKOM (STIKI) Indonesia menjadi tuan rumah 1 dari 12 interval kompetisi Virtual Wikithon yang diadakan oleh basabali.org pada Sabtu, 15 Desember 2018.  

Virtual Wikithon adalah kompetisi memasukkan kalimat dari kata-kata yang tersedia dalam kamus Wiki yang yang terdiri dari 12 interval masing-masing 2 jam dan berlangsung selama 24 jam, dimulai dari tanggal 14 Desember 2018 pukul 14:30 WITA dan diakhiri pada tanggal 15 Desember 2018 pukul 14:30 WITA. STIKI Indonesia dipilih sebagai host penyelenggaraan interval terakhir kompetisi Virtual Wikithon yaitu interval ke-12.  

Acara penutupan Wikithon diawali dengan sambutan dari ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKI Indonesia Ida Bagus Ary Indra Iswara, M.Kom. Pada sambutannya, Ary Indra berpesan “Dengan adanya wikithon ini sebenarnya adalah salah satu tombak pelestarian bahasa bali. Dengan adanya bahasa bali wikithon ini paling enggak kata-kata dari bahasa bali itu bisa terdigitalisasi dulu.”  

Lomba wikithon sendiri berlangsung secara online, dan dibuka untuk umum. Para peserta yang ingin mendaftar bisa mendaftar melalui website basabali.org. Selanjutnya peserta akan diberikan username. Akan ada 12 interval yang berlangsung selama 24 jam setiap 2 jam sekali. Jadi para peserta bisa memilih akan mengikuti interval keberapa. Setelah itu para peserta bisa memantau info lomba di media sosial, yaitu facebook wikithon.

Para peserta yang mengikuti lomba ini tidak hanya berasal dari daerah di Bali, namun ada juga yang berasal dari mancanegara. Seolah tak mau ketinggalan, mahasiswa STIKI Indonesia pun turut mengikuti lomba ini. Salah satu mahasiswa STIKI Indonesia yang berhasil menang adalah Ni Wayan Septiarini. 

Juriyang menilai dalam lomba ini merupakan ahli bahasa dari Universitas Udayana. Karenalomba juga diadakan di @america di Jakarta,  juri juga ada yang dari luar negeri. Para jurimenilai hasil dari para peserta selama interval berlangsung dan hasilnya akandiumumkan di media sosial Wikithon. Total hadiah yang didapat oleh pemenang berupauang sebanyak Rp.800.000 di setiap interval. (RIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here