Dosen STIKI Indonesia Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Getasan

0
228

Stikizen.id, Denpasar─Tim Dosen STIKI INDONESIA memberikan pelatihan kepada pengrajin Rock Waterfall Fauntain Miniatures di desa Getasan, kec. Petang, Badung yang dilaksanakan selama empat hari di tanggal 4, 6, 10, dan 11 Januari 2019 lalu.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) diikuti oleh tiga dosen STIKI INDONESIA, yaitu Bapak I Putu Agus Eka Darma Udayana, I Made Avendias Mahawan, dan I Komang Arya Ganda Wiguna untuk memberikan berbagai pelatihan kepada masyarakat, khususnya pengrajin miniatur.

Bapak I Gusti Agung Suryawan, yang merupakan pengrajin miniatur air terjun tersebut, menghadapi kendala dalam pemasaran, karena selama ini pemasaran hanya dilakukan melalui cerita dari mulut ke mulut. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dalam penggunaan teknologi informasi, kurangnya edukasi mengenai teknik pemasaran, dan ketidaktahuan manfaat internet untuk media promosi yang informatif.

Permasalahan di atas menjadi alasan dilaksanakannya pelatihan selama empat hari yang difasilitasi dosen STIKI INDONESIA. Pada hari pertama, yaitu 4 Januari, diadakan workshop mengenai konsep e-commerce. Selanjutnya pada 6 Januari diberikan pelatihan mengenai cara penggunaan e-mail untuk keperluan bisnis. Pada hari ketiga, yaitu 10 Januari dilanjutkan dengan pelatihan cara pemasaran menggunakan Google Bisnisku. Pada Hari terakhir, 11 Januari, diberikan pelatihan mengenai cara penggunaan e-commerce seperti halnya Tokopedia dan OLX serta pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk.

Dengan diberikannya pelatihan ini, diharapkan penggiat UMKM terutama yang berada di Bali dapat menyelesaikan berbagai permasalahan khususnya masalah jangkauan pemasaran produk. (Ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here