“Di Culik” Dosen STIKI Latih Anak-Anak Putus Sekolah Belajar TIK

0
129

Stikizen.id, Denpasar ─ Pada Senin, (29/10) hingga Sabtu, (10/11) di tahun 2018 lalu, tiga orang dosen STIKI Indonesia yaitu Ibu I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi,S.Kom.,M.T, Ibu Ni Luh Wiwik Sri Wahyuni G.,S.Kom.,M.Kom, dan Ibu Ni Wayan Wardani, S.Kom.,M.Kom telah melaksanakan pelatihan TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) untuk anak-anak putus sekolah di Yayasan Kita Peduli yang terletak di Desa Culik, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali yang diikuti oleh dua orang mahasiswa yakni I Gusti Komang Puspa Yoga dan Ode Pande Juliantara.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk merangkul dan memberi pelatihan TIK khususnya mengenai pengantar e-commerce, Microsoft Excel, dan pengantar internet yang dilakukan selama 6 kali pertemuan saat itu,” ucap Ibu Ni Wayan Wardani saat ditemui siang hari tadi. Beliau juga mengatakan bahwa pendidikan dasar sangatlah penting untuk menjadi tanggung jawab orang tua, akan tetapi pada kenyataannya di pedesaan bahkan perkotaan masih banyak ada anak-anak yang putus sekolah baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Menurut Beliau, hal ini perlu mendapat perhatian dari semua pihak baik itu pemerintah dan sektor lainnya. “Kita dari kampus yang bergerak di bidang teknologi juga wajib memberi kontribusi bagi anak – anak putus sekolah dengan cara memberi ilmu pengetahuan berbasis teknologi kepada mereka, sehingga diharapkan dapat menjadi bekal pada saat mereka terjun di dunia kerja,” ucapnya lagi.

Didasari dari kegiatan tersebut, Yayasan Kita Peduli yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kesehatan membuat sebuah rencana ke depannya untuk bisa mengadakan kembali acara yang bekerja sama dengan Ibu Ni Wayan Wardani. Acara yang akan diadakan adalah pengabdian masyarakat dengan melakukan pelatihan TIK yang ditujukan kepada karyawan/staff hotel di wilayah Amed yang berasal asli Amed sebagai bekal untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja luar dan diharapkan kedepannya mereka memiliki progress ke jenjang jabatan yang lebih baik. (Kerla)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here