STIKI Banjir Prestasi di Bulan Bahasa Bali 2019

0
49
lomba-vlog-bulan-bahasa-bali
Penyerahan Penghargaan Juara 1 Lomba Vlog Bulan Bahasa Bali 2019

Stikizen.id, Denpasar — STIKI Indonesia kembali mewujudkan bentuk nyata dukungannya terhadap pelestarian budaya, bahasa dan aksara Bali melalui prestasi. Pada Perlombaan yang diadakan dalam rangka Bulan Bahasa Bali 2019, 4 orang sivitas akademika STIKI Indonesia berhasil meraih juara di tiga kategori lomba yakni Lomba Vlog, Lomba Pembuatan Meme dan Lomba Komik Online yang semuanya berbasis bahasa, aksara dan sastra Bali. Bapak Gubernur Bali I Wayan Koster secara langsung menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba pada acara penutupan dan penganugerahan Bulan Bahasa Bali 2019 pada hari Kamis, 28 Februari 2019, bertempat di Gedung Ksirarnawa Art Centre Denpasar.

Para sivitas akademika STIKI Indonesia yang meraih juara merupakan dosen dan mahasiswa aktif di STIKI Indonesia. Juara 1 Lomba Vlog diraih oleh Putri Novitasari Maulina Prananda yang merupakan mahasiswa jurusan TI-DGM yang saat ini akan menempuh semester 6. Juara 2 Lomba Vlog diraih oleh Pak Putu Praba Santika, M.Kom. yang merupakan Dosen TI-MDI. Juara 1 Lomba pembuatan Meme diraih oleh Bapak I Nyoman Anom Fajariditya Setiawan, M.Sn. yang merupakan dosen TI-DGM. Juara 1 Lomba Komik Online diraih oleh Pak Putu Satria Udyana Putra, M.Sn. yang juga merupakan dosen TI-DGM. Kemenangan diraih oleh mahasiswa dan dosen-dosen STIKI Indonesia tersebut didapatkan setelah mengalahkan belasan hingga puluhan peserta di masing-masing kategori yang dilombakan.

Pak Satria dan Pak Anom saat menerima penghargaan juara oleh Gubernur Bali

Putri ketika diwawancarai melalui pesan singkat mengungkapkan rasa syukurnya karena terpilih menjadi juara lomba vlog. “Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada tuhan yang maha esa, dan semua pihak yang sudah mendukung saya dalam lomba ini untuk mewakili kampus Stiki Indonesia ke ajang ini, hingga di berikan kesempatan untuk sampai di titik ini,” tulisnya. Di lain kesempatan, Pak Anom saat dihubungi juga mengungkapkan kesannya sebagai juara lomba pembuatan Meme, “Saya sebenarnya tidak menyangka menjadi juara 1 karena pada dasarnya saya berkarya selain untuk memotivasi pelestarian budaya, juga untuk eksistensi bahwa STIKI sangat berpotensi di berbagai bidang termasuk pelestarian budaya Bali.” Pak Anom juga menambahkan harapannya terhadap Kampus STIKI Indonesia. “Saya sangat berharap di STIKI ada satu wadah riset yang fokus dalam hal ini. Mudah-mudahan agenda ini berjalan berkesinambungan dan memiliki sinergi yang bermanfaat bagi banyak orang khususnya pembangunan Bali berkelanjutan menuju Bali era baru,” tutur Pak Anom.

(kiri ke kanan) Pak Satria, Pak Anom, Putri dan Pak Praba berfoto di depan booth pameran STIKI di Gedung Ksirarnawa Art Centre

Di kesempatan yang sama, Pak Satria juga menyampaikan kesannya terhadap perlombaan yang dijuarai. “Mengikuti perlombaan Komik Online mebasa Bali ini tentunya menarik karena pada komik “Man Monyer” memiliki tantangan untuk mencoba menghadirkan kehidupan keseharian masyarakat Bali di era revolusi industri 4.0, yang tetap dalam penyampaian pesan kepada audiens untuk bisa berpikir dua kali setelah membaca komik tersebut,” ungkapnya. Pak Satria juga menyampaikan harapannya terhadap kegiatan lomba Komik Online di Bulan Bahasa Bali 2019. Pak Satria menambahkan, “Ini tentunya merupakan tonggak yang memiliki energi positif menjaga nilai tradisi dan kebudayaan Bali yang merangkul kehidupan berkarya POP Art. Pilihan kita di era millenial apakah budaya itu kita pertahankan, kembangkan atau biarkan musnah?”

Bulan Bahasa Bali 2019 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Bali dalam rangka melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali sesuai dengan mandat Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 80 tahun 2018. Pada Pergub tersebut, Bulan Bahasa Bali harus diselenggarakan pada bulan Februari setiap tahunnya. Bulan Bahasa Bali 2019 merupakan gelaran yang pertama kali diadakan dan berlangsung sejak tanggal 1 Februari hingga berakhir pada tanggal 28 Februari 2019. Berbagai macam kegiatan dilaksanakan selama Bulan Bahasa Bali 2019 berlangsung diantaranya adalah “nyurat” aksara Bali massal, pameran, seminar, perlombaan, pertunjukan serta penganugerahan. (DEP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here