Semakin Maju! IN-SUIT Merambah ke Masyarakat Luas

0
50
Tim InSUIT bersama INBIS berfoto bersama dengan Tim Monev CPPBT

Stikizen.id, Denpasar — Senin (22/7), Tim Inkubator Bisnis (INBIS) dan LPPM STIKI menjadi tuan rumah dalam acara pendampingan Program CPPBT (Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi). Acara ini dihadiri oleh Tim Monev Program CPPBT dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ketua STIKI Indonesia Bapak I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T. serta tim dosen INBIS dan LPPM STIKI yang berlangsung pada pukul 17:00 WITA hingga 19:30 WITA dan bertempat di ruang INBIS STIKI Indonesia.

Kali ini Bapak I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, M.T selaku penanggung jawab Intelligent Suit and Assistive Technology (IN-SUIT) memperkenalkan IN-SUIT kepada tim monev program CPPBT dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, mulai dari masalah yang akan dipecahkan, solusi yang diberikan kepada customer sampai cara kerja IN-SUIT.

Telah diketahui bahwa IN-SUIT sendiri tercipta berdasarkan pengalaman Bapak I Putu Edy Suardiyana Putra, Ph.D saat neneknya sakit. IN-SUIT adalah salah satu sistem yang menggabungkan teknologi wearable kecerdasan buatan, dan aplikasi awan yang dipergunakan untuk pasien lanjut usia mendeteksi insiden jatuh dan memanggil pertolongan (ambulance/dokter) secara otomatis. Perangkat wearable dipergunakan untuk mendeteksi pergerakan ekstrim dari pengguna yang kemudian mengirimkan data ke aplikasi awan, selanjutnya aplikasi ini bertugas untuk memvalidasi pergerakan ekstrim. Apabila pergerakan ektrim tersebut adalah insiden jatuh, maka operator IN-SUIT akan menghubungi keluarga pasien dan ambulance.

Sampai saat ini IN-SUIT sudah diuji coba pada lansia yang berada di panti jompo, dan berhasil. Sekarang IN-SUIT sedang berupaya agar produknya bisa tetap aman ketika digunakan dan juga sedang giat-giatnya memperkenalkan kepada masyarakat bahwa IN-SUIT bisa membantu mereka dalam keadaan tak terduga yang bisa saja terjadi terhadap orang yang ada disekitar kita. (RIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here