Dengan SLIMS Dosen STIKI Selenggarakan Pengabdian di SMP Negeri 2 Semarapura

0
146

Stikizen.id, Denpasar – Sekelompok tim dosen yang terdiri dari Ibu I Dewa A. A Tantri Pramawati, S.E., M.Si, Bapak Adi Panca Saputra Iskandar, S.Kom., M.T, dan Bapak I Kadek Dwi Gandika Supartha, S.T., M.T telah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada Jumat (19/7). PKM ini diisi dengan melakukan penerapan aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan pada SMP Negeri 2 Semarapura yang berlokasi di jalan Dewi Sartika No 7 Semarapura.

SLIMS merupakan aplikasi yang sebelumnya sudah dimiliki oleh SMP Negeri 2 Semarapura, namun belum dioperasikan secara optimal sehingga seluruh aktivitas perpustakaan masih dilakukan secara manual. Jadi, tim dosen STIKI ini hadir untuk membantu mengoptimalkan penggunaannya dalam proses penginputan data.

Pelatihan ini diikuti oleh 18 orang yang terdiri dari 3 orang pustakawan, 1 orang koordinator, 4 orang guru yang sekaligus berperan dalam tenaga teknis, dan 10 orang siswa SMP Negeri 2 Semarapura. Dalam proses pelatihan ini pustakawan diajarkan proses penginputan data, peminjaman buku dan pengembalian buku, siswa dan guru selaku user di latih dalam proses peminjaman dan pencarian buku secara online.

Pada awalnya Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Semaparapura meminta diadakannya perpustakaan online karena mengingat posisi perpustakaan yang terletak di lantai 2, jadi tujuannya agar proses peminjaman buku menjadi lebih praktis. Permintaan Kepala Sekolah tersebut sudah ditindak lanjuti, saat ini hanya menunggu proses pemasangan aplikasi SLIMS pada web SMP Negeri 2 Semarapura. Karena pada kegiatan pengenalan dan pelatihan aplikasi SLIMS ini mendapat respon  positif dari peserta pelatihan dan merupakan langkah awal yang baik dalam pengembangan kegiatan selanjutnya.

Selama berlangsungnya kegiatan ini, Kepala Sekolah sangat mengapresiasi dan mengaku mulai terbuka wawasannya terhadap keberadaan aplikasi yang memudahkan transaksi dengan proses administrasi perpustakaan. “Kami juga sangat berterimakasih kepada SMP Negeri 2 Semarapura karena telah mengijinkan pelaksanaan PKM di sana untuk berbagi wawasan dalam bidang teknologi”, ucap Ibu I Dewa A. A Tantri Pramawati, S.E., M.Si. (KERL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here