Dosen STIKI “Ajari” Guru SDN 6 Peguyangan Buat Raport Digital.

0
113

Stikizen.id, Denpasar – Bertempat di SDN 6 Peguyangan pada tanggal 3 sampai 6 September 2019 telah dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh sekelompok dosen STIKI Indonesia (STMIK STIKOM Indonesia) dalam bentuk pelatihan Microsoft Word kepada guru-guru di sekolah tersebut.

Kelompok dosen tersebut yaitu Ibu Ni Wayan Suardiati Putri, S.Pd., M.Pd., atau yang akrab disapa ibu Putri, Ibu Kadek Suryati, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Evi Dwi Krisna, S.Pd., M.Pd. Kegiatan PKM yang sudah sangat akrab dikalangan dosen ini telah dilakukan pada tanggal 3 sampai 6 September 2019 kemarin bertempat di SDN 6 Peguyangan. Bukan siswa yang dilatih, kali ini para guru SDN 6 Peguyangan yang berkesempatan untuk mendapat pelatihan Microsoft Word.

Pelatihan ini dilakukan mengingat pemanfaatan teknologi saat ini perlu ditingkatkan khususnya di dunia pendidikan. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kinerja sekolah khususnya guru-guru dalam kegiatan pembelajaran. Disamping itu evaluasi kegiatan belajar siswa saat ini sudah mengacu ke kurikulum 2013, yang menggunakan aplikasi dan tidak perlu tulis tangan lagi. Maka dari itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dalam hal ini adalah guru, harus melakukan “update” pengetahuan dan keterampilan. Itulah salah satu alasan diadakannya pelatihan ini.

“Guru-guru sangat semangat mengikuti pelatihan ini. Selain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, guru juga dituntut oleh pemerintah harus mampu menguasai teknologi dalam mendukung pekerjaannya. Pelatihan ini memang diperuntukkan untuk membantu guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan rencana pembelajaran satu semester, serta penulisan rapor siswa,” ujar ibu Putri.

Ibu Putri mengatakan bahwa selama 4 hari pelatihan, beliau mengaku masih kekurangan waktu dalam kegiatan PKM tersebut. Selama pelaksanaan PKM beberapa waktu lalu, banyak hal yang diajarkan mulai dari hal-hal dasar seperti mengetik, memasukkan gambar, menyimpan dokumen, dll.

Awalnya ibu Putri mempunyai pelatihan yang serupa namun pelatihan ini akan ditujukan untuk para siswa/i di SDN 6 Peguyangan dengan materi Microsoft Excel. Namun, beberapa waktu lalu kepala sekolah SDN 6 Peguyangan meminta Ibu Putri untuk memberikan juga pelatihan kepada para guru di SD tersebut.

Setelah pelatihan Microsoft Word selesai, guru-guru disanapun “ketagihan”, dan meminta untuk diadakannya pelatihan lagi tentang Microsoft Power Point dan media pembelajaran lainnya


Penulis : Riska Apriliati Ningsih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here