Jauh ke Ujung Utara, Dosen STIKI Berbagi Teknik Presentasi yang Baik

0
49

Guru-guru SMP Negeri 1 Singaraja, menyambut antusias Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang diselenggarakan oleh dua dosen STIKI Indonesia yakni Bapak Gede Surya Mahendra, M.Kom dan Bapak I Putu Yoga Indrawan, M.Kom. PKM diselenggarakan pada Hari Sabtu dan Minggu (11-12/10) lalu. SMP Negeri 1 Singaraja terletak di Jalan Gajah Mada No 109, Kabupaten Buleleng. PKM ini bertemakan “Pelatihan PowerPoint dan Teknik Presentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Bagi Guru”.

PKM yang dihadiri oleh 30 orang guru dari SMP Negeri 1 Singaraja, disambut baik oleh pihak sekolah. Pada hari pertama pelaksanaanya turut hadir dan memberi sambutan Wakil Kepala Sekolah (Wakasek), Drs. I Wayan Gebloh, “Terimakasih kepada dosen STIKI Indonesia sudah jauh-jauh datang ke Singaraja untuk memberikan pelatihan ini. PowerPoint merupakan aplikasi yang selalu diaplikasikan oleh guru, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan presentasi di kegiatan lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, pasti ada peningkatan baik dari segi teknis pembuatan presentasi ataupun dari segi teknis penyampaian yang senantiasa mengalami perubahan. Kami sangat antusias menerima update informasi tersebut”.

Materi hari pertama mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat presentasi yang baik. Penyaji sekiranya memperhatikan desain, grafik, suara, animasi, transisi, layout, dan teknik penyajian menggunakan media PowerPoint. Dijelaskan pula tata cara pembuatan PowerPoint yang baik diantaranya menggunakan skema warna yang konstan, 5-7 kata perbaris, 5-7 bullets per-slide, satu konsep per-slide, tidak ada kalimat lengkap dalam slide, penggunaan animasi yang sederhana dan konsisten, penggunaan transisi yang tidak mengganggu, penggunaan font dan warna yang baik, hingga tata cara menggunakan gambar dan clipart.

Ketika ditampilkan contoh-contoh slide PowerPoint yang kurang baik, guru-guru tertawa dan memberikan respon yang positif. Para guru memahami bahwa presentasi seperti itu harus dihindari, presentasi full text seperti koran, salah menggunakan layout, penempatan gambar dan clipart yang sembarangan hingga animasi yang berlebihan, yang membuang banyak waktu dan konsentrasi siswa.

Hari kedua, guru-guru mendapatkan sharing mengenai tips untuk melakukan presentasi atau public speaking dengan baik. Tips yang diberikan adalah kegiatan presentasi harus semangat dan dibumbui komedi, menguasai konten, tidak mendahului slide dalam berbicara, menggunakan pointer, mengatur pencahayaan ruangan, mempertahankan kontak mata hingga menggunakan media lain sebagai pendukung PowerPoint, mengenali audiens, mengatur materi presentasi dengan efektif, memperhatikan feedback dari audiens, penggunaan humor dan cerita dengan baik, menghindari membaca slide terus menerus, penggunaan gestur dan teknik vokal, dan penguasaan audiovisual dengan baik.

Disamping memberikan pemaparan mengenai teknik pembuatan PowerPoint dan teknik public speaking, Bapak Surya dan Bapak Yoga berkesempatan juga memberikan coaching class kepada guru-guru untuk dapat membuat presentasi sederhana yang dilakukan oleh guru-guru. Mereka membuat presentasi yang dapat membantu memperkenalkan diri, memaparkan prestasi dan riwayat mengajar masing-masing guru. Dari PKM ini Bapak Surya mengharapkan guru-guru dapat tampil dengan profesional, menguasai materi sehingga siswa dapat menyerap informasi dengan maksimal, “Pelatihan ini kami harapkan membuat guru-guru berhenti membuat slide PowerPoint berbentuk koran ataupun menggunakan animasi yang terlalu panjang dan mengganggu, sehingga guru lebih profesional dan elegan dalam menampilan presentasi”. PKM ini disambut baik oleh guru-guru dan juga menawarkan apabila mendapatkan kesempatan, diharapkan pihak STIKI Indonesia dapat bekerja sama untuk memberikan pelatihan di bidang teknologi untuk meningkatkan profesionalisme guru dan pegawai di SMP Negeri 1 Singaraja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here