Dengan E-learning Schoology, Duet Dosen STIKI Tingkatkan Pembelajaran di SMPN 1 Singaraja

0
89

Stikizen.id., Denpasar – Bertempat di SMPN 1 Singaraja, dilaksanakan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) oleh Dua Dosen STMIK STIKOM Indonesia yaitu Bapak Putu Gede Surya Cipta Nugraha. S.Kom., M.Kom. dan Gede Surya Mahendra, S.Kom., M.Kom. yang mengusung tema Pelatihan Aplikasi E-Learning Schoology Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran. PKM dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu (18-19/10).

Pada hari pertama, pelatihan dilakukan di Laboratorium Komputer dengan materi pengenalan e-learning Schoology, dampak positif, pentingnya menggunakan aplikasi hingga pratikum langkah-langkah meggunakan aplikasi. Hari kedua, pelatihan diisi dengan bagaimana membuat kuis

Kegiatan PKM ini diikuti oleh sekitar 30 orang guru yang diberikan edukasi e-learning Schoology, sehingga yang diharapkan nantinya dapat berbagi pengetahuan kepada siswa-siswanya“Mau sampai kapan kita manual seperti itu, sedangkan zaman sekarang sudah berbasis teknologi, anak-anak sudah membawa Android semua. Daripada itu digunakan hanya untuk bermain game, kenapa enggak ilmu dan kemampuan daya serap mereka yang cepat kita alihkan ke hal yang positif.” Ungkap Bapak Surya dengan penuh semangat.

Para guru sangat antusias. Bagi mereka, dua hari pelatihan ini terasa cepat. Mereka dilatih bagaimana menggunakan teknologi dengan tidak manual lagi saat mengajar dahulu, sehingga hal ini mempermudah mereka dalam melakukan proses pengajaran. Pengumpulan tugas yang dulunya hardcopy bisa dialihkan ke softcopy, jadi para guru hanya perlu mencari nama siswa yang sudah mengumpulkan tugas dan diberi nilai. Murid-murid juga bisa belajar bagaimana belajar mengetik di Microsoft Word, bagaimana memasukkan gambar yang sesuai tugas yang diberikan. Ada pula kuis dan diskusi yang membantu mereka agar lebih paham mengenai materi yang telah diberikan.

Kegiatan PKM diharapkan tidak putus pada hari itu. Para guru bisa menghubungi Bapak Surya jika ada pertanyaan maupun masalah tertentu pada aplikasi. Bapak Surya pun berharap dengan adanya pelatihan dalam bidang teknologi ini dapat membantu proses pembelajaran di SMPN 1 Singaraja menjadi lebih baik dari sebelumnya. Diharapkan pula agar mampu bersaing dengan SMP lainnya baik dalam skala kabupaten, provinsi, hingga nasional. (IGI2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here