Tumbuhkan Minat Baca, Dosen STIKI Rangkul Anak-Anak Yayasan Lentera Bali

0
70

Stikizen.id., Denpasar – PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dilaksanakan di Lantai 1 Pasar Badung, yang bertempat di Jalan Gajah Mada Denpasar kepada Yayasan Lentera Anak Bali pada Sabtu (5/10). Kegiatan ini diajukan oleh Tim Dosen STMIK STIKOM Indonesia yang terdiri dari Ibu Ni Wayan Sumartini Saraswati, S.T., M.T. sebagai Ketua Tim; Ibu Ni Luh Pangestu Widya Sari, S.Pd., M.Sn; dan Ibu I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom., M.T.

Diikuti oleh sekitar 25 orang anak terlantar yang bekerja sebagai Buruh Harian Lepas dan pedagang asongan. Beberapa diantaranya merupakan anak putus sekolah dan 2 orang pengurus Yayasan Lentera Anak Bali, PKM ini dibagi menjadi 2 kegiatan yakni membuat website untuk Yayasan Lentera Anak Bali dan belajar membaca untuk anak-anak yang diselingi dengan dongeng. Dengan demikian diharapkan agar dapat tertanam nilai-nilai perjuangan dan nilai luhur lainnya di dalam diri anak tersebut.

Untuk pembuatan website dilaksanakan selama beberapa bulan. Adapun tujuannya adalah agar Yayasan Lentera Anak Bali dapat lebih dikenal oleh masyarakat umum dan dapat berbagi informasi terkait kegiatan apa saja yang sudah pernah diikuti maupun diselenggarakan, sedangkan kegiatan berbagi ilmu membaca dengan anak-anak hanya berlangsung selama satu hari saja yakni pukul 11.00 hingga 13.00 WITA sekaligus berlangsung juga penyerahan website di hari yang sama.

“Walau keadaan anak-anak di sana masih terbilang kekurangan, tapi mereka memiliki minat baca yang tinggi. Melaksanakan kegiatan dengan pelayanan sosial membuat saya merasa bahagia karena bisa diberi kesempatan untuk berbagi ilmu kepada mereka. Kegiatan ini juga menyadarkan saya akan masih banyaknya orang-orang kurang beruntung di luar sana, dan membuat saya belajar bersyukur atas apa yang telah saya miliki.” Ungkap Ibu Sumartini mengutarakan rasa bahagia dan syukurnya setelah melaksanakan kegiatan PKM . Beliau berharap agar kegiatannya dapat menjadi bentuk pelayanan yang bermanfaat. Disebutkan pula sudah terdapat rencana membuat kegiatan PKM ke industri yang berdampak secara ekonomi. (KERL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here