Bangga! Mahasiswi STIKI Indonesia Juara Kartun Opini

0
113
Bangga! Mahasiswi STIKI Indonesia Juara Kartun Opini

Stikizen id – Denpasar, Salah satu mahasiswi STIKI Indonesia Ni Kadek Melati berhasil mendapatkan juara harapan II lomba kartun opini dalam acara Festival Seni Bali Jani 2019 yang bertempat di taman Angsoka Art Centre Denpasar pada Selasa, (5/11).

Mahasiswi yang bernama Ni Kadek Melati atau kerap disapa Melati ini berhasil menyabet juara harapan II dalam lomba kartun opini yang dilaksanakan di taman Angsoka, Art Centre. Sebelumnya, Melati sempat mengikuti lomba menggambar sebatas tingkat sekolah saja. Ia juga mengaku baru – baru ini belajar menggambar karikatur. “Mulai gambar karikatur sih baru – baru ini belajar, sebelumnya hanya mengikuti lomba menggambar saja”, ujarnya. Namun ia tak menyangka saat pengumuman juara lomba, ternyata ia mendapatkan juara harapan II, apalagi menurutnya peserta lain juga membuat karya yang bagus dan tak kalah unik.

Disisi lain, mahasiswi yang juga bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gradasi ini juga gemar menggambar dari kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Maka tak heran, ia bisa memenangkan lomba karikatur tersebut.

Menjelang lomba ia sempat bingung harus menggambar apa. “Awalnya saya bingung dengan tema lombanya, tetapi setelah dijelaskan melalui technical meeting akhirnya bisa mengerti dan langsung menemukan ide.”, ujarnya. Persiapan lomba sudah dilakukannya sejak lama secara maksimal, ia mengaku sama sekali tidak mengganggu jadwal kuliah karena latihan menggambar dilakukannya pada malam hari.

Sekilas jika mendengar mengenai lomba kartun opini, banyak orang yang masih bingung mengartikan antara karikatur dan kartun opini itu sendiri. “Sebenarnya karikatur dan kartun opini itu sama – sama bertujuan untuk memberikan kritik, hanya bentuk penyampaian gambarnya saja yang berbeda. Kalau karikatur itu biasanya ada tokoh yang akan dikritik,sedangkan kartun opini memang isinya mengkritik tetapi dengan sensasi gambar yang humoris dan jenaka.”, ujarnya. Seolah tak puas sampai disini saja, Melati berniat akan mengikuti lomba sejenis ini dikemudian hari untuk menambah pengalamannya. Ia juga berpesan kepada teman teman yang ingin mengikuti lomba khususnya yang bertema seni harus lebih niat dan rajin berlatih karena lomba karikatur ini memerlukan imajinasi untuk hasil yang maksimal.


Penulis : Ni Putu Candra Eka Susanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here