Mengembangkan Kemampuan Menulis Berita dan Reportase Melalui Pelatihan Dasar Jurnalistik

0
76

Stikizen.id, Denpasar – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik dan Pers STIKI Indonesia mengadakan Pelatihan Dasar Jurnalistik (PDJ) di Kampus STMIK STIKOM Indonesia pada Minggu (17/11) dengan dua pembicara, yaitu Anak Agung Gede Dalem Eka Putra dan I Wayan Epa Jayantika.

Kegiatan PDJ kemarin dihadiri oleh anggota baru UKM Jurnalistik dan Pers STIKI Indonesia mulai dari pukul 09.00 WITA bertempat di Ruang 208 yang membahas tentang menulis berita dan reportase yang baik. Dengan mengundang pembicara yang sudah berpengalaman, yaitu Anak Agung Gede Dalem Eka Putra atau biasa dipanggil Bli Gung yang merupakan Ketua UKM Jurnalistik dan Pers periode sebelumnya, dan I Wayan Epa Jayantika atau biasa dipanggil Kak Epa yang merupakan pembawa berita Bali TV dan Instruktur Public Speaking. Kegiatan diawali dengan Bli Gung yang membawakan materi mengenai menulis berita yang baik dan benar. Mulai dari hal penting yang harus dimiliki oleh seorang penulis, hingga sesi latihan menulis teras berita. Dan selanjutnya adalah materi reportase yang dibawakan oleh Kak Epa yang diselingi dengan rileksasi dan latihan berbicara layaknya seorang reporter.

Kegiatan PDJ diadakan setiap satu tahun sekali, sehingga ini merupakan kesempatan para anggota baru UKM Jurnalistik dan Pers untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menulis dan menjadi pembawa berita karena di dalamnya tidak terlepas dari namanya pembuatan video liputan dan menulis. Para anggota pun mendengarkan dengan antusias dan aktif dalam bertanya maupun menjawab.

Diakhir kegiatan, Kak Epa memberikan sebuah motivasi dengan pemutaran sebuah video inspiratif. “Teruslah berproses, karena ilmu harus terus dikejar dan diasah, dan yang paling penting adalah mengingat orang-orang yang telah berjasa, terutama orang tua,” tutur Kak Epa. Ia juga memberikan kata mutiara, yaitu ilmu yang tinggi tanpa kerendahan hati dan kasih sayang itu percuma, sehingga harus menyeimbangkan diri.


Penulis : Ni Komang Tri Juniartini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here