Ingin Mendapatkan Beasiswa? Yuk simak tips berikut!

0
26

Stikizen.id, Denpasar – Hai sahabat Stikizen apa kabar hari ini? Bisa mendapatkan beasiswa adalah sebuah harapan dan pencapaian yang sangat membanggakan, bukan saja buat kita sebagai penerima, tetapi juga kedua orang tua dan orang-orang yang kita sayangi. Faktanya untuk mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang bisa di dapatkan dengan mudah oleh semua orang. Butuh banyak proses bahkan pengorbanan, baik itu tenaga, waktu dan juga pikiran.

Untuk mendapatkan beasiswa, kita harus memenuhi banyak sekali persyaratan – persyaratan tertentu, dan tentu saja kita akan menjalani serangkaian seleksi. Salah satunya adalah seleksi wawancara, seperti diketahui seleksi ini adalah seleksi yang memiliki bobot nilai paling tinggi diantara serangkaian seleksi lainnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bahkan diwajibkan kita harus membuat banyak persiapan, mempersiapkan sebaik mungkin agar kita mampu menjawab setiap pertanyaan yang akan diajukan.

Saat ini di setiap universitas maupun perguruan tinggi sudah mulai membuka beasiswa untuk semua mahasiswanya, bahkan STIKI Indonesia pun sudah sering memberikan pengumuman pada akun sosial media Halo Stiki mengenai beasiswa.

Nah, disini saya akan memberikan beberapa tips bagi kalian yang berniat untuk mengajukan beasiswa agar memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Berikut ini saya akan mengugkapkan bocoran rahasia yang pada umumnya ditanyakan pada saat proses wawancara. Namun masih banyak yang belum mengetahui bahkan banyak yang terlalu cuek dengan hal ini, sehingga wawancara tidak begitu sukses, langsung saja kita mulai.

Yang pertama, ceritakan tentang dirimu. Pada bagian ini, sebaiknya kamu menyampaikan hal-hal yang tidak kamu cantumkan pada CV atau esai yang kamu buat, kamu harus menceritakan sesuatu yang berberbeda atau unik yang memang layak untuk kamu ceritakan

Kedua, mengapa kamu mendaftar beasiswa ini? Nah pada hal ini, kamu perlu menjelaskan semua hal yang kamu ketahui tentang beasiswa ini, apa, mengapa, bagaimana kamu bisa tertarik untuk medaftar beasiswa ini.

Ketiga, mengapa kamu memilih beasiswa ini?
Untuk pertanyaan ini, kamu bisa mengaitkannya dengan jurusan atau prodi yang kamu pilih, misalnya universitas ini adalah universitas terbaik di kota ini, memiliki jurusan unik yang saya minati, dan tidak ada pada universitas maupun perguruan tinggi lain.

Yang keempat, mengapa mengambil jurusan ini? apakah ada hubunganny dengan minat kamu?
Kamu bisa menceritakan rencana yang sudah kamu buat, baik cita-cita kamu dimasa depan, hal-hal yang ingin kamu lakukan dimasa depan. bahkan akan lebih baik jika rencana yang kamu buat berdampak baik bagi orang banyak.

Kelima, kenapa kamu layak mendapatkan beasiswa ini?
Kamu harus bisa meyakinkan pewawancara akan tujuan yang kamu rencanakan. Ingat, dibagian ini kamu harus percaya diri agar pewawancara mempercayaimu.

Keenam, apa kelebihan dan kerurangan kamu?
Bagian ini adalah hal yang paling penting, bahkan pertanyaan ini sudah sangat sering di dengar pada saaat melakukan seleksi wawancara, kamu harus menceritakan segala hal yang menjadi kelebihan kamu baik bakat yang dimiliki, kekuranganmu dan juga harus relevan dengan jurusan yang kamu lamar.

Tujuh, siapa idola kamu? Pertanyaan ini mungkin akan terdengar sepele, namun pertanyaan ini akan sangat menunjukkan ingin jadi seperti apa kamu nantinya.

Delapan, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus?
Sebaiknya kamu perlu membuat rencana apa yang akan kamu lakukan jika lulus nanti, dan alangkah lebih baiknya kamu membuat rencana yang bersangkutan dengan orang lain, misalnya dalam artian ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi umum.

Sembilan, apa yang akan kamu lakukan 10 tahun kedepan?
Disini kamu harus memiliki target yang ingin kamu capai.

Semoga hal diatas bisa membantu kamu untuk mewujudkan beasiswa impian kamu, dan sebaiknya perlihatkan kepada pewawancara bahwa kamu memiliki rencana yang matang untuk mencapai keinginan dan cita-cita itu, jangan sampai kamu bilang ingin membangun dunia namun tidak tau dengan cara apa.


Penulis : Nur Aisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here