Hari Guru Nasional! Kemajuan Teknologi dan SDM harus seimbang.

0
18
Sumber gambar : tribunnews.com

Stikizen.id, Denpasar – Tepat pada hari ini Senin, (25/11) ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional. Selain itu, hari ini juga ditetapkan sebagai hari lahir organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia(PGRI).

Hari guru diperingati sebagai bentuk penghargaan kepada guru-guru di Indonesia yang selama ini telah berjasa dan mengabdikan diri untuk mendidik generasi muda. Biasanya, setiap sekolah melaksanakan kegiatan upacara bendera yang dilanjutkan dengan mencium tangan para guru yang dilakukan semua siswa. Namun, seiring perkembangan zaman, apakah guru masih bisa bertahan dalam kemajuan teknologi saat ini?

Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, para guru diharapkan bisa mengikuti teknologi yang ada saat ini dan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut ke dalam kegiatan belajar mengajar. Apalagi saat ini sudah banyak pekerjaan manusia yng mulai digantikan oleh para robot, mengingat hal tersebut mau tak mau kita sebagai manusia harus mengikuti perkembangan yang sudah ada. Namun kenyataannya, ada sebagian yang menganggap hal tersebut sebagai tantangan karena masih banyak guru yang kurang paham dalam menggunakan teknologi saat ini. Mulai dari faktor usia hingga kurangnya sosialisasi kepada para guru yang ada di pelosok daerah.

Proses mengajar zaman sekarang tidak lagi seperti dulu lagi. Pembelajaran dengan sistem E-learning contohnya untuk siswa saat ini dinilai lebih efektif. Dimana para siswa bisa belajar secara mandiri. Tak selalu bergantung kepada guru.

Maka dari itu, jangan sampai hanya teknologi saja yang kita update, namun Sumber Daya Manusia (SDM) kita juga butuh diupdate. Agar melek akan teknologi dan bisa mencerdaskan para anak bangsa. Terimakasih untuk semua guru di Indonesia. Jasamu akan selalu kami kenang.


Penulis : Candra Eka Susanti & Riska Apriliati Ningsih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here