Seputar Sarjana, Himpunan Mahasiswa Menggelar Knowledge Sharing Secara Online

0
13

Stikizen., Denpasar– Himpunan Mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia kembali menggelar Knowlegde Sharing yang bertema “Apa Itu Sarjana dan Bagaimana Menyelesaikannya” dengan pembicara Gede Andika, M.Kom. pada Jumat (22/5/2020) secara online melalui Google Meet.

Adanya pandemi COVID-19 mengharuskan mahasiswa kuliah secara online. Knowledge sharing yang sudah direncanakan mau tidak mau ditunda untuk sementara. Knowledge sharing ini kemudian dilaksanakan kembali secara online dan tanpa dipungut biaya. Peserta yang ikut sebanyak 95 orang.

Gede Andika, M.Kom atau sering disapa Bapak Andika merupakan seorang dosen Program Studi Sistem Komputer. Dirinya merupakan alumnus STIKI Indonesia, yang melanjutkan pascasarjananya di Universitas Pendidikan Ganesha dengan Program Studi Ilmu Komputer. Pada knowledge sharing ini, Bapak Andika berbagi pengalamannya selama kuliah, berbagi informasi seputar sarjana mulai dari tingkatannya hingga cara menyelesaikannya. Dirinya juga informasikan kepada mahasiswa agar memahami sarjana dan berbagi tips menemukan masalah untuk diselesaikan dalam Tugas Akhir.

“Sarjana merupakan orang pandai yang mampu memecahkan masalah dalam masyarakat/lingkungan sekitar sesuai dengan lingkup pendidikan yang telah diselesaikan. Jadi, ketika ada yang bertanya ‘Pak, boleh nggak skripsi ditiadakan?’ atau ‘Pak, harus ya bikin skripsi?’. Skripsi adalah pembuktian kalau kamu mampu menyelesaikan masalah dalam masyarakat, karena itulah sarjana,” kata Bapak Andika.

Menurut dirinya, sarjana komputer merupakan sarjana yang paling cepat kadaluarsa. Perkembangan dunia teknologi lebih cepat berkembang dibandingkan dengan yang lain. Jika lulusan sarjana komputer tidak mengikuti ataupun memilih rehat dari dunia teknologi, meskipun hanya satu tahun maka akan tertinggal jauh. Inilah yang dimaksud sebagai sarjana komputer yang cepat kadaluarsa.

Di sela-sela sesi tanya jawab dirinya mengatakan, “Selagi teman-teman melalui 4 tahun ini, carilah relasi sebanyak-banyaknya. Meskipun teman-teman bidangnya spesifik banget, sarjana itu levelnya umum (manajemen level). Minimal punya rekan atau relasi untuk melalui kehidupan sebagai seorang rekan. Kelak mereka akan bermanfaat, akan jadi hubungan timbal balik yang baik.” (IGI2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here